Home » , » Laporan Praktikum Mikrometer Sekrup - Praktikum Fisika Dasar - KA14

Laporan Praktikum Mikrometer Sekrup - Praktikum Fisika Dasar - KA14

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Bagian-Bagian dari Mikrometer Sekrup

Pengukuran besaran panjang yang kurang dari 0,1 mm dapat dilakukan dengan menggunakan mikrometer sekrup. Mikrometer sekrup dapat mengukur dengan ketelitian hingga 0,05 mm. Secara umum, mikrometer sekrup memeliki dua garis skala, skala utama dan skala nonius. Skala pertama tertera pada gagang mikrometer sekrup yang merupakan skala tetap. Skala jenis kedua adalah skala jenis putar yang terletak pada silinder yang dapat diputar.

Mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda. Mikrometer sekrup mempunyai skala yaitu skala utama dan skala nonius (skala putar). Mikrometer sekrup memeliki ketelitian sebesar 0,01 mm atau 0,001 cm (Halliday, 1984).

Dalam membaca skala utama, lihatlah bagian angka terakhir yang tidak ditutupi oleh pemutar. Misalnya, angka terakhirnya 4, maka nilai skala utamanya 4 mm. Dalam membaca skala nonius, lihatlah angka yang ditunjuk oleh skala utama (yang berada pada tengah-tengan), satu garisnya bernilai 0,01 mm dimana x-nya yang ditunjuk. Misalnya, angka yang ditunjuk 35 maka nilai skala nonuis adalah 35 x 0,01 mm = 0,35 mm.

Mikrometer sekrup merupakan alat ukur panjang yang memiliki ketelitian 0,01 mm. Mikrometer terdiri dari tiga jenis, yaitu :
  1. Mikrometer luas (outside micrometer/ mikrometer capiler)
  2. Mikrometer dalam (inside micrometer)
  3. Mikrometer kedalaman (depth micrometer)
Secara standar bagian-bagian mikrometer sekrup terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut :
Poros Tetap yaitu poros di ujung yang tidak bergerak
Poros Geser, poros yang bisa dierakkann ke depang dan kebelakang
Skala utama (Dalam satuan mm)
Skala nonius atau skala putar
Pemutar, menggerakkan poros geser
Pengunci
Rachet, sama seperti poros geser tapi lebih kecil
Frame berbentuk U

2.2 Fungsi dari Mikrometer Sekrup

Mikrometer berfungsi untuk mengukur panjang/ketebalan/diameter dari benda-benda yang cukup kecil seperti lempeng baja, aluminium, diameter kabel, kawat, lebar kertas, dan masih banyak lagi. Penggunaan mikrometer sekrup sangat luas, intinya adalah mengukur besaran panjang dengan lebih presisi(Giancoli2007).

Mikrometer sekrup adalah alat ukur panjang yang memiliki tingkat ketelitian tertinggi. Tingkat ketelitian mikrometersekrup mencapai 0,01 mm atau 0,001 cm. Dengan ketelitiannya yang sangat tinggi, mikrometersekrup dapat digunakan untuk mengukur dimensi luar dari benda yang sangat kecil maupun tipis seperti kertas, pisau silet, maupun kawat. Secara luas, mikrometersekrup digunakan sebagai alat ukur dalam teknik mesin elektro untuk mengukur ketebalan secara tepat dari blok-blok, luar dan garis tengah dari kerendahan dan batang-batang slot.

2.3 Mikrometer Luar

Alat ukur yang dapat mengukur dimensi luar dengan cara membaca jarak antara dua muka ukur sejajar yang berhadapan, yaitu sebuah muka ukur tetap yang terpasang pada satu sisi rangka berbentuk U, dan sebuah muka ukur lainnya yang terletak pada ujung spindle yang dapat bergerak tegak lurus terhadap muka ukur, dan dilengkapi dengan sleeve dan thimble yang mempunyai graduasi yang sesuai dengan pergerakan spindle. Mikrometer luar digunakan untuk ukuran memasang kawat, lapisan-lapisan, blok-blok dan batang-batang.

2.4 Mikrometer Dalam

Alat ukur yang dapat mengukur dimensi dalam dengan cara membaca jarak antara dua muka ukur sferis yang saling membelakangi, yaitu sebuah muka ukur tetap yang terpasang pada batang utama dan sebuah muka ukur lainnya yang terletak pada ujung spindle yang dapat bergerak searah dengan sumbunya, dan dilengkapi dengan sleeve dan thimble yang mempunyai graduasi yang sesuai dengan pergerakan spindle. Mikrometer sekrup dalam digunakan untuk mengukur garis tengah dari lubang suatu benda.

2.5 Mikrometer Kedalaman

Mikrometer kedalaman digunakan untuk mengukur kerendahan dari langkah-langkah dan slot-slot.Skala pada mikrometer sekrup ada dua yaitu :
  1. Skala Utama (SU), yaitu skala pada pegangan yang diam (tidak berputar) ditunjuk oleh bagian kiri pegangan putar dari mikrometer sekrup.
  2. Skala Nonius (SN), skala pada pegangan putar yang membentuk garis lurus dengan garis mendatar skala diam dikalikan 0,01 mm. Bagian utama mikrometer sekrup ialah sebuah poros berulir yang terpasang pada sebuah silinder pemutar yang disebut Bidal. Poros berulir masuk mengulir pada silinder berskala 0,01 mm dan 0,5 mm.

Silinder berskala ini tepat dilingkup oleh silinder pemutar terbagi oleh garis-garis skala menjadi 50 bagian yang sama. Ulir pada batang silinder pemutar mempunyai ketepatan 0,5mm, ini artinya kalau ulir silinder diputar satu putaran, maka akan maju atau mundur 0,5 mm, karena silinder pemutar memiliki 50 skala disekelilingnya. Kalau silinder pemutar berputar sebesar satu skala,batang silinder maju atau mundur 0,5/50 mm = 0,01 mm atau 0,001 cm. Dengan demikian skala pada silinder berskala menunjukkan ukuran dalam milimeter dan tengahan milimeter, sedangkan skala pada silinder pemutar menunjukkan ukuran dalam persatuanmillimeter.

Cara menggunakan mikrometer sekrup adalah sebagai berikut:
  1. Benda atau plat tipis yang akan diukur ketebalannya diletakkan di antara landasan dan sumbu. Kemudian gagang pemutar kita atur sehingga plat tersebut terjepit dengan kuat, baru kita tarik kunci ke arah kiri agar tidak terjadi pergeseran lagi (mengunci).
  2. Untuk menentukan besarnya pengukuran maka pembacaan skala kita lakukan dengan membaca skala tetap terlebih dahulu, dengan satuan milimeter, yaitu garis skala tetap yang tepat berada di depan gagang pemutar.

Pada pembacaan skala putar akan kita peroleh suatu angka tertentu kemudian kita kalikan dengan 0,01. Jumlah pembacaan skala tetap dan skala putar inilah yang merupakan hasil pengukuran.Beberapa hal diperlukan saat menggunakan mikrometer sekrup, diantaranya adalah :
Permukaan benda ukur, mulut ukur dari mikrometer sekrup harus dibersihkan dahuu adanya kotoran, terutama bekas proses pengukuran, dapat menyebabkan kesalahan pengukuran maupun merusak permukaan mulut ukur.
Setelah dipakai, kedudukan nol harus diperiksa. Kedudukan nol disetel dengan cara merapatkan mulut ukur dengan ketelitian silinder tetap diputar dengan memakai kunci penyetel sampai garis referensi dari skala tetap bertemu dengan garis nol dari skala putar.
Bukalah mulut ukur sampai sedikit melebihi dimensi objek yang akan diukur. Apabila dimensi tersebut cukup satu bar, maka poros ukur dapat digerakkan dengan cepat dengan cara menyelindingkan silinder putar pada telapak tangan. Jangan sekali-kali memutar rangkanya dengan memegang silinder putar seolah-olah memegang mainan kanak-kanak.
Benda yang akan diukur dipegang dengan tangan kiri dan mikrometer sekrup ditelapak tangan kanan dan ditahan oleh kelingking, jari manis, serta jari tengah. Telunjuk dan ibu jari digunakan untuk memutar silinder putar.

2.6 Skala Mikrometer Sekrup

Ada dua skala dalam mikrometer sekrup yaitu :

1. Skala Utama
Skala mikrometer ini tiap satuannya sama dengan 1 mm, ditengah-tengah angka skala tersebut ada angka tengahnya. Angka skala atas 1, 2, 3, 4 dan seterusnya.

2. Skala nonius atau skala putar
Di skala putar terdapat angka 1 sampai 5 (kelipatan 5). Tiap skala ini berputar mundur sekali maka skala utama bertambah 0,5 mm. Sehingga 1 skala putar = 0,5/50 = 0,01 mm. Skala nonius diartikan sebagai skala tambahan yang membagi skala utama menjadi nilai atau kualitas lebih kecil.

2.7 Penyajian Data pada Hasil Pembacaan Mikrometer Sekrup

Ketelitian mikrometer sekrup atau skala terkecil mikrometer sekrup adalah seper seribu centimeter atau 0,001 cm atau 0,01 mm. Misalkan dari sebuah pengukuran yang dilakukan diperoleh nilai hasil sebuah keeping uang logam adalah (3,25 ± 0,005) mm, ini dalam millimeter bukan centimeter, jadi cara pelampiran data hasil pengeluaran alat ini mengikuti pola berikut

L = X + Λx atau L = X- Λx

dimana :
X = Hasil yang kita baca dari mikrometer.
Δx = Ketidakpastiannya.

Sebagai contoh jika mikrometer sekrup yang kita gunakan untuk mengukur ketebalan benda – benda yang sangat tipis atau benda yang kecil. Mikrometer Sekrup memiliki dua skala tetap dan skala putar.

Adapun aplikasi mikrometer sekrup dalam kehidupan sehari–hari mikrometer sekrup sangat penting. Karena, alat inilah yang mempunyai tingkatan ketelitian paling tinggi dalam mengukur panjang. Kerapkali alat ini digunakan untuk mengukur panjang, tebal kertas, diameter kawat, tebal plat tipis yang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Alat ini biasanya di fungsikan untuk mengukur diameter benda–benda berukuran millimeter atau beberapa centimeter saja (Esvandiasi, 2006).

BAB III
METODOLOGI PRAKTIKUM

3.1       Alat dan Bahan
3.1.1    Peralatan yang digunakan
Mikrometer sekrup

3.1.2    Bahan yang digunakan
1.                  Kelereng 1 buah
2.                  Kaca
3.                  Triplek 1 buah
4.                  Plat besi 1 buah

3.2.      Prosedur Kerja
1.                  Sebelum dipakai untuk pengukuran dilakukan pengukuran terlebih dahulu dilihat apakah micrometer berada dalam posisi nol atau tidak. Caranya yaitu memutar sekrup S sehingga ujung A dan B bertemu dan terdengar bunyi krik lalu dilihat apakah lingkaran nonius telah berimpit dengan garis nol atau tidak. Caranya yaitu memutar sekrup sehingga ujung A dan B bertemu dan berbunyi krik-krik lalu dilihat apakah lingkaran nonius telah berimpit dengan garis nol skala utama dan garis nol nol nonius telah 1 garis dengan garis tengah skala utama.
2.                  Setelah posisi nol dicapai maka benda diletakkan yang akan diukur diantara ujung A dan B dengan memutar sekrup S sehingga unjung A dan B tepat menyentuh kedua sisi benda itu.

3.                  Kemudian dilakukan percobaan pengukura, dengan cara : angka skala utama yang kelihatan dicatat dari angka nol sampai lingkaran nonius. Kemudian ditambahkan dengan angka skala nonius yang segaris Atau mendekati garis tengah utama skala utama setekah dikalikan dengan ketelitian mikrometer (0,01 mm).

0 comments:

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Popular Posts - Last 30 days

 

Dapatkan Hosting dengan Diskon Hingga 20%


Selesaikan misinya dan dapatkan hingga ratusan dolar per hari


Download Aplikasinya dan Dapatkan Promo Menarik


Get paid to share your links!
Support : Chemical Engineering | Himatemia Unimal 2014/2015 | Teknik Kimia
Copyright © 2018. Berkah Mencari Ilmu - All Rights Reserved
Contact us +6281288573161
Published by Mhd Haris lazuar Saragih Saragih | Linda Ratna Sari
Proudly powered by Berkah mencari Ilmu