Home » , , » Makalah Kompos - MK Mikrobiologi - K1 A1 - 14

Makalah Kompos - MK Mikrobiologi - K1 A1 - 14

BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Sampah organik ialah sampah yang berasal dari makhluk hidup seperti dedaunan dan sampah dapur yang sifatnya mudah terurai secara alami dengan bantuan mikroorganisme. Beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembentukan kompos seperti bahan baku, suhu, nitrogen dan kelembaban bahan sampah organik yang berasal dari sisa sayuran dapur lebih cepat terurai dan tidak berbau. Kandungan C : N bahan dengan C : N tanah harus seimbang. 

Selain itu kestabilan suhu harus dijaga, suhu ideal (40-50ÂșC). Sementara nitrogen dibutuhkan oleh bakteri pengahancur untuk tumbuh dan berkembang biak. Kelembaban dalam timbunan kompos harus diperhatikan dan dijaga keseimbangannya. Kelembaban yang tinggi menyebabkan volume udara menjadi berkurang. Sampah merupakan salah satu bentuk konsekuensi aktivitas manusia yang volumenya akan berbanding lurus dengan jumlah penduduk. 

Setiap saat sampah terus bertambah tanpa mengenal hari libur karena manusia secara terus-menerus akan memproduksi sampah. Dalam hal ini alam memiliki peranan yang besar  dalam pengolahan sampah secara otomatis terutama sampah organik. Akan tetapi kerja keras alam dalam pengolahan sampah secara natural sangat tidak berimbang dibanding berjuta ton volume sampah yang diproduksi. Selain itu sampah tidak selalu harus dibuang karena dengan sedikit kreatifitas dan kerja keras manusia, Sampah yang tidak layak pakai dapat berubah menjadi barang kaya manfaat. Beragam jenis sampah, terutama sampah organik dapat dengan mudah dan sederhana diaplikasikan menjadi bahan olahan. Pengolahan sampah organik dapat dimulai dari skala rumah tangga, hasil kotoran sampah rumah tangga dapat diolah menjadi kompos. Dengan adanya pengolahan sampah rumah tangga tentunya akan meningkatkan kesehatan baik di rumah maupun lingkungan sekitarnya. Pengolahan sampah merupakan bagian dari perilaku hidup bersih dan sehat.


1.2       Rumusan Masalah
1.         Bagaimanakah mengolah sampah organik menjadi kompos
2.         Faktor apakah yang mempengaruhi pembentukan kompos
3.         Bagaimana membuat kompos sampah rumah tangga

1.3              Manfaat Penulisan

Untuk menyusun suatu karya ilmiah berdasarkan kajian teori tentang memanfaatkan sampah organik menjadi hasil olahan kompos atau pupuk.





BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1       Alat dan Bahan
3.1.1    Alat-alat
1.         Ember atau keranjang plastik
2.         Pengaduk
3.         Pisau
4.         Penutup (karung)

3.1.2    Bahan
1.         Dedaunan kering
2.         Sayuran busuk
3.         Jerami
4.         Kotoran sapi
5.         Serbuk kayu
6.         Gula merah
7.         Air
8.         Larutan EM4  

3.2       Prosedur Kerja
1.         Dikumpulkan semua bahan seperti dedaunan kering, jerami, sayuran busuk, serbuk kayu, serta aktivator (EM4).
2.         Dedaunan kering, jerami, dan sayuran busuk dipotong kecil-kecil, kemudian bahan tersebut di masukkan ke dalam ember dan diaduk rata.
4.         Disiapkan ember yang berisi air dan kemudian ditambahkan EM4 secukupnya.
5.         Dimasukkan kotoran sapi dan serbuk kayu ke dalam ember, kemudian ditambahkan lagi larutan EM4 dan dilakukan pengadukan kembali.
6.                     Ember kemudian ditutup dengan penutup (karung) agar tidak terkontaminasi dengan mikroorganisme yang lain.
7.         Kompos diletakkan pada tempat yang teduh agar terlindung dari cahaya matahari langsung dan hujan.
8.         Selanjutnya selama 4 minggu bahan-bahan akan terurai menjadi kompos dan kemudian dilakukan pengayakan agar mendapatkan hasil yang diinginkan.


0 comments:

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Popular Posts - Last 30 days

 

Dapatkan Hosting dengan Diskon Hingga 20%


Selesaikan misinya dan dapatkan hingga ratusan dolar per hari


Download Aplikasinya dan Dapatkan Promo Menarik


Get paid to share your links!
Support : Chemical Engineering | Himatemia Unimal 2014/2015 | Teknik Kimia
Copyright © 2018. Berkah Mencari Ilmu - All Rights Reserved
Contact us +6281288573161
Published by Mhd Haris lazuar Saragih Saragih | Linda Ratna Sari
Proudly powered by Berkah mencari Ilmu