Home » » Separator pada Oil and Gas (002)

Separator pada Oil and Gas (002)

BAGIAN-BAGIAN UMUM SEPARATOR


Secara garis besar, separator dapat dibagi menjadi empat bagian umum, yaitu :

          1. Bagian Pemisah Pertama
Bagian separator yang berfungsi memisahkan fluida yang masuk  ke dalam separator melalui inlet, yang kemudian dengan adanya tekanan, fluida tersebut menumbuk plate yang terdapat di depan inlet yang kemudian terpisah antara liquid dengan gas yang masih berupa tetes liquid dengan ukuran besar. Prinsip kerjanya berdasarkan aliran tekanan fluida yang masuk ke dalam separator.
          2. Bagian Pemisah Kedua
Bagian separator yang berfungsi untuk melanjutkan pemisahan kedua yang memisahkan tetes liquid dengan ukuran besar menjadi tetes liquid dengan ukuran yang lebih kecil. Bagian kedua tersebut juga memisahkan liquid yang berukuran lebih kecil yang tidak dapat dipisahkan pada bagian pemisah pertama. Pemisahan disini menggunakan prinsip gravity settling. Karena syarat utama gravity settling adalah turbulensi yang minimal.

          3. Bagian Pengumpul Cairan
Bagian separator yang berfungsi menampung liquid yang telah terpisah dari gas. Bagian tersebut harus lebih besar karena untuk menanggulangi gelombang cairan yang dapat terjadi pada kerja normal dan harus diatur sehingga liquid yang dipisahkan tidak terganggu oleh aliran gas. Bagian separator tersebut juga menggunakan prinsip gravity settling untuk pemisahan antara liquid dengan gas

          4. Bagian Penyerapan Kabut (Mist Extraction)
Bagian separator yang berfungsi menyerap gas yang membawa  tetes liquid yang berukuran kecil agar pada saat gas tersebut akan keluar melalui outlet gas dapat terpisah dari liquid, sehingga liquid tidak terbawa keluar bersama dengan gas. Tetes liquid  yang berupa kabut yang terbawa oleh gas pada saat terjadi penyerapan semakin lama semakin banyak yang kemudian tetes tersebut menjadi berat dan jatuh kebawah dan kemudian terkumpul dan keluar melalui outlet liquid. Sisa cairan yang berbentuk kabut dapat dipisahkan secara efektif dari aliran gas dengan menggunakan mist extractor yang terencana dengan baik. Meskipun demikian butir cairan yang terbentuk sebagai akibat pengembunan gas tidak dapat dihilangkan / dipisahkan dengan menggunakan mist extractor.

Pengembunan dari pada uap tersebut, disebabkan oleh penurunan temperatur, yang terjadi setelah gas keluar dari separator. Untuk dapat terjadi pemisahan dengan baik antara butiran cairan yang terbentuk kabut dengan gas, dipengaruhi beberapa hal sebagai berikut :
- Perbedaan density antara gas dengan cairan.
- Kecepatan aliran gas.
- Waktu yang tersedia.

Apabila kecepatan aliran gas cukup rendah maka pemisahan  butir cairan dengan gas dapat berlangsung dengan baik tanpa memerlukan mist extractor. Meskipun demikian, penempatan mist extractor dalam separator selalu dilakukan untuk memperkecil jumlah cairan (Kabut) yang terbawa keluar dari separator bersama dengan gas.

          5. Bagian Safety Control
Bagian separator yang berfungsi mengontrol kerja separator terutama ketika pada kondisi over pressure. Safety control tersebut akan memberikan sinyal ketika terjadi kelebihan tekanan pada kerja separator pada saat dilakukannya proses pemisahan.



Gambar Bagian-bagian umum separator

0 comments:

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Popular Posts - Last 30 days

 

Dapatkan Hosting dengan Diskon Hingga 20%


Selesaikan misinya dan dapatkan hingga ratusan dolar per hari


Download Aplikasinya dan Dapatkan Promo Menarik


Get paid to share your links!
Support : Chemical Engineering | Himatemia Unimal 2014/2015 | Teknik Kimia
Copyright © 2018. Berkah Mencari Ilmu - All Rights Reserved
Contact us +6281288573161
Published by Mhd Haris lazuar Saragih Saragih | Linda Ratna Sari
Proudly powered by Berkah mencari Ilmu